Pendidikan, Umum

Rangsang Minat Studimu Ke AS!

ilustrasi paspor

JAKARTA – Salah satu cara memantapkan hati memilih negara asing sebagai tujuan studi, adalah dengan menghadiri berbagai forum diskusi tentang pendidikan di negara tersebut.

Seperti yang baru-baru ini digelar di pusat kebudayaan Amerika Serikat (AS), @america, di mal Pasific Place, Jakarta. Beberapa lulusan dari universitas terkemuka di AS, bercerita tentang pengalaman mereka saat bersekolah di Negeri Paman Sam tersebut.

Dengan mengusung tema Accessing Selective American Schools: How to get into the internationally acclaimed institutions of higher learning in the United States, kegiatan ini bertujuan untuk merangsang minat studi pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan sekolah ke Amerika.

Tak hanya membicarakan pengalaman mereka saat bersekolah, para pembicara juga memberikan tips untuk pelajar dan mahasiswa mengenai persiapan sebelum mengajukan aplikasi ke perguruan tinggi di AS.

Para pembicara yang mengisi presentasi antara lain adalah Mario Sutanu, peraih gelar master dalam bidang pendidikan dari Universitas Harvard dengan tema Why America?, Satrio Wicaksono (B.A 2010, Universitas Brown) yang bercerita tentang Collage Education, dilanjutkan oleh Jurist Tan (B.A 2009, Universitas Yale) yang menjelaskan soal bagaimana cara melakukan pendaftaran. Presentasi ditutup oleh Rauf Pratodjo (B.A 2010 Universitas Kenyon) dengan topik What’s Happen After.

Mario Sutanu, menyatakan, acara ini sengaja dibuat dengan format bincang-bincang santai agar para pelajar dan mahasiswa yang datang tidak bosan. “Ada juga mengadakan sesi tanya jawab supaya teman-teman peserta di sini bisa tahu lebih dalam mengenai studi ke Amerika,” ujar Mario kepada peserta diskusi, kemarin malam.

Jurist Tan, panelis lulusan Yale jurusan Etik Politik dan Ekonomi dan Studi Internasional, mengatakan, jika kita tahu untuk mengakses informasi berkaitan dengan melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi terbaik di Amerika, semuanya tidak terlalu sulit.

“Syaratnya, cari sebanyak-banyaknya informasi baik melalui internet maupun bertanya dengan orang-orang yang pernah kuliah di sana,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Satrio Wicaksono, panelis lulusan Wesleyan  2010 , menyarankan, pelajar atau mahasiswa yang ingin melanjukan studi ke AS agar berusaha sebaik mungkin untuk bisa mengakses pendidikan tinggi di sana.

“Tidak usah takut atau tidak percaya diri, semua hal bisa terjadi jika kita berusaha dan tetap semangat,” tutur pemuda yang sedang melanjutkan studinya di Universitas Brown untuk gelar Ph.D ini. (rfa)
(kem)

 

Sumber: kampus.okezone.com – Rangsang Minat Studimu Ke AS!

About OSIS SMA Negeri 1 Kebumen

blog OSIS SMA Negeri 1 Kebumen

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

contact us

Jalan Mayjen Sutoyo 7 Kebumen 54316, Jawa Tengah, Indonesia.

e-mail : osis_sman1kebumen@yahoo.com
qr code
%d bloggers like this: