Smansa Area

EMPAT HARI KITA MENYEBUTNYA “FRIENDLY AND RESPECT” – MOS SMA Negeri 1 Kebumen 2010

MOS - Friendly and Respect

Belum lama ini, OSIS SMANSA baru saja mengadakan kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS). Kegiatan MOS ini dilaksanakan pada tanggal 30 Juni sampai dengan 3 Juli 2010. Dua hari menjelang MOS, tepatnya  pada hari Senin, 28 Juni juga sudah diadakan  Pra MOS. Pra MOS ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai perlengkapan dan segala keperluan tetek bengek untuk MOS. MOS tahun ini punya tema “FRIENDLY AND RESPECT”. Kenapa dipilih tema ini? Ada yang tahu? Hehe. Sengaja dipilih tema ini karena panitia ingin menyesuaikan dengan keinginan sekolah agar MOS tahun ini dilaksanakan dengan suasana penuh keramahan namun tidak meninggalkan kedisplinan dan kepatuhan.

MOS SMANSA tahun ini mengadakan banyak sekali acara, antara lain:

  1. PENYULUHAN NARKOBA “NO DRUGS, NO CRY”

penyuluhan oleh BNK

Tujuannya tidak lain dan tidak bukan yaitu untuk mensosialisasikan tentang bahaya narkoba di kalangan remaja serta cara-cara untuk menghindari si Narkoba itu sendiri. Penyuluhan disampaikan langsung oleh Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kebumen.

2. TRAINING MOTIVATION “HARUS BISA”

trainer Mas Tr Buanasalah satu alumnus SMANSA yang dapat dikatakan "SUKSES"

Yang ikut MOS kemarin pasti ingat kata-kata dari Mas Tri Buana tadi. Ya, Mas Tri Buana adalah trainer handal dari Jakarta yang mengisi acara TM MOS kali ini, dulu ia adalah alumnus SMANSA. Ia sangat senang bisa mengisi acara TM di bekas sekolahnya ini. Acara TM diadakan di hari kedua MOS. Seluruh adik dan kakak mengikuti acara ini dengan penuh antusias. Kali ini, semua dimotivasi untuk mengejar cita-cita setinggi langit, apapun cita-cita dan keinginannya, asalkan kita yakin dan terus berusaha untuk mendapatkannya, pasti semua akan tercapai. hiduplah dengan mimpi dan hidupkanlah mimpimu itu. Adik terlihat sangat enjoy menikmati setiap suntikan motivasi dari Mas Tri Buana, terutama saat diajari jurus Paku Bumi, wuishh…mantap semangatnya. Acara diakhiri dengan renungan yang menyejukkan hati, menyadarkan kita akan kesalahan kesalahan yang telah kita perbuat di masa lalu, untuk diperbaiki di masa mendatang, menyadarkan kita akan pentingnya keluarga dan teman-teman di sekitar kita. Sampai-sampai hampir semua yang ikut pada nangis tersedu-sedu.

3. PEMILIHAN MASS DAN MISS MOS “TAMU ISTIMEWA DARI AUSTRALIA”

mas MOS & miss MOSbersama panitia dan Mrs. Katherine Ricedari Bundamba State Secondary College, Queensland, Australia

Hari Jum’at, tanggal 2 Juli 2010, SMA N 1 Kebumen kedatangan tamu istimewa dari Australia. Namanya Mrs. Katherine Rice. Ia adalah utusan dari Bundamba State Secondary College, Queensland, Australia. Untuk menyambut beliau, sekolah sengaja mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, ada penampilan dari Hadrochestra yang menawan, ada juga tari Gambyong yang lemah gemulai. Tak hanya sampai di situ, sekolah juga menginginkan panitia MOS membuat suatu acara yang menarik agar Mrs. Katherine dapat ikut berpartisipasi. Begini ceritanya…

Di hari ketiga ini, panitia MOS sengaja tidak menjadwalkan adanya materi dari guru. Tujuannya tidak lain agar adik-adik tidak bosan mengikuti kegiatan MOS ini. Kita mulai dari Mass dan Miss MOS. Acara yang satu ini bisa dibilang cukup unik. Kenapa? Karena, acara ini baru pertama kali dilaksanakan di SMANSA dan juga diikuti oleh utusan dari Australia, yaitu Mrs. Katherine Rice. Acaranya mirip ajang pemilihan putri Indonesia. Setiap Negara wajib mengirimkan 2 wakilnya (cowok dan cewek) untuk mengikuti acara ini. Kriteria pemilihan Mass dan Miss MOS ini antara lain pintar berbahasa Inggris, kreatif, inovatif, dan menghibur. Mereka siap bertarung memperebutkan gelar Mass dan Miss MOS. Di final, peserta wajib/kudu/harus bisa story telling cerita rakyat, apresiasi seni, dan ngajari si Bule salah satu kesenian jawa. Hehehe…adiknya lucu-lucu. Ada yang ngajari macapat, ada yang ngajari nari Jawa, geguritan, lan sapanunggalane. Lho…koq jadi ikut-iktuan Boso Jowo. Akhirnya, terpilihlah Arif Budi Dwi Cahyadi sebagai Mass MOS dan Charnis Nurul Maulidini sebagai Miss MOS. Semuanya dari Negara Ngastina. Semua peserta tampak antusias sekaligus senang mengikuti acara ini. Kakak-kakaknya juga. Acara ditutup dengan pemberian bunga dan mahkota kepada Mass dan Miss MOS oleh Mrs. Katherine.

4. GATHERING WITH IKASMA “SHARING ABOUT YOUR FUTURE”

Acara ini berupa kegiatan kumpul dan ngobrol bareng alumni SMANSA yang sudah melanjutkan sekolahnya di perguruan tinggi negeri terkemuka di seluruh Indonesia. Sharing segala sesuatu tentang SMANSA, tentang dunia perkuliahan, tentang pengalaman-pengalaman menarik, serta motivasi untuk belajar lebih giat. Asik lah pokoke.

5. OUTBOND “FREE YOUR EXPRESSION”

Acara ini sengaja diadakan untuk menghindari kebosanan yang mungkin dialami adik saat MOS berlangsung. Outbond diisi dengan berbagai macam permainan kolektif (bersama) yang menyenangkan, seperti stick helium, tarik tambang, balap kelereng, dan lain sebagainya.

6. ORGANISATION SOCIALISZATION “SOSORNASI”

sosialisasi dari ekskul wajib Pramuka

Pada kesempatan kali ini, semua organisasi dan ekskul di SMANSA bisa memperkenalkan diri mereka kepada adik adik kelas X. Acara ini juga menjadi ajang promosi mereka untuk menggaet anggota sebanyak-banyaknya. Ya, silahkan dipilih-dipilih, he.

7. ART PERFORMANCE “SHOW OFF YOUR SKILL”

Anak-anak SMANSA tak melulu harus berkutat dengan buku atau semua hal yang berbau teori dan itung-itungan. Mereka juga harus mahir dalam mengasah kemampuan seni mereka. Nah, di sini adik-adik MOS menampilkan berbagai macam kesenian, ada drama, ansamble, lawak, video klip, akapela, tari, dan juga vokal grup. Ternyata, semuanya berbakat menjadi seniman, he.

8. REVIEW “OPEN YOUR MIND”

Pada kegiatan review ini, adik-adik dievaluasi berkenaan dengan materi yang ada di modul dan juga kepribadian mereka selama MOS. Suasana memang sedikit tegang, namun, Friendly and Respect tetap ditegakkan koq, santai saja. Kegiatan dilakukan di lapangan dan juga ruang kelas masing-masing.

evaluasi, hehehe

MOS SMANSA tahun 2010 menggunakan nama Negara di pewayangan sebagai nama kelompok MOS, seperti Ngastina, Ngalengka, Ngamarta, Madukara, Jodhipati, Dwarawati, dan Pringgondhani. Tahun ini juga tidak ada atribut yang muluk-muluk, hanya ada topi, tas, dan ID atau tanda pengenal, itu pun sangat sederhana dan tidak memalukan. Kali ini, adik-adik juga akan mendapatkan sertifikat MOS. Gunanya sebagai bukti bahwa mereka telah mengikuti MOS dan sebagai salah satu syarat kelulusan. Tuh, penting banget khan. Inilah MOS di SMANSA, bukan sekedar angin lalu yang bisa dilupakan begitu saja, namun merupakan suatu proses penting menuju jalan penjajakan selam 3 tahun di SMA Negeri 1 Kebumen.

Terima Kasih.

(Sekbid IV OSIS – 2009/2010)

About OSIS SMA Negeri 1 Kebumen

blog OSIS SMA Negeri 1 Kebumen

Discussion

One thought on “EMPAT HARI KITA MENYEBUTNYA “FRIENDLY AND RESPECT” – MOS SMA Negeri 1 Kebumen 2010

  1. (y)

    Posted by Ketua 1 2010 | December 13, 2014, 5:06 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

contact us

Jalan Mayjen Sutoyo 7 Kebumen 54316, Jawa Tengah, Indonesia.

e-mail : osis_sman1kebumen@yahoo.com
qr code
%d bloggers like this: